Fitur Anti Maling yang Tersemat di New Terios

ahli kunci Immobilizer New Terios
Jakarta, Kompas Otomotif – Banyak aspek yang bisa dipertimbangkan dalam memilih mobil, salah satunya adalah sistem keamanan. Wajar memang dengan tingkat kriminalitas pencurian kendaraan bermotor cukup tinggi di Indonesia.

Fitur keamanan yang lazim ditemui adalah alarm. Alarm bisa bawaan dari pabrik maupun dipasang sebagai aksesoris tambahan. Alarm dapat mengeluarkan bunyi yang keras atau membuat lampu berkedip sebagai upaya mencegah pencurian.

Kekurangannya, alarm mobil mudah terpicu secara tidak sengaja akibat sensor terlalu sensitif. Alarm bisa berbunyi walaupun mobil hanya terkena benda bergerak. Alhasil, pemilik mobil seringkali mengabaikan bunyi alarm tersebut.

Selain alarm, Immobilizer menjadi pilihan sistem keamanan lainnya. Banyak mobil keluaran terbaru sudah menggunakan sistem keamanan Immobilizer, seperti New Daihatsu Terios.

Sistem beroperasi dengan menonaktifkan sejumlah sirkuit mobil. Mobil akan lumpuh apabila Anda memasukkan kunci mobil yang salah saat menghidupkan mesin. Mobil dengan sistem Immobilizer memiliki kunci yang ditanami microchip di gagang kunci. Tiap mobil memiliki jenis microchip yang berbeda.

Cara kerja sistem Immobilizer

Sistem immobilizer terdiri dari sebuah transponder yang terletak di kunci kontak, immobilizer control unit receiver lampu indikator, IMOES Unit, dan ECM (Engine Control Module) atau PCM (Powertrain Control Module).

Saat kunci dimasukkan ke dalam lubang kunci dan diputar ke posisi ON, Immobilizer control unit receiver mengirimkan sinyal ke transponder di kunci kotak. Transponder yang tertanam dikunci kontak akan mengirimkan balik sinyal yang berisi kode melalui Imoobilizer control unit receiver ke ECM atau PCM.

Mesin kendaraan bisa hidup bila kode transmisi pada kunci sesuai dengan kode transmisi yang sudah terdaftar pada ECM atau PCM. Sebaliknya, jika kode transmisi tidak dikenal oleh ECM atau PCM, maka mobil tidak dapat dihidupkan.

Sistem Immobilizer terasa lebih aman ketimbang alarm mobil biasa. Alasan utamanya adalah mobil yang memiliki sistem Immobilizer tidak akan bisa distarter menggunakan sembarangan kunci dan harus menggunakan kunci aslinya. (Annisa Nabila Hanif)

Baca Juga : Membedakan Smart Key dan Immobilizer

Baca Juga
Duplikat Kunci Immobilizer Mobil Ferrari, bisa anda pesan disini. Silahkan hubungi kami untuk duplikat kunci.
Ahlikunciku ahli kunci jakarta 0852-6743-2551 menerima panggilan duplikat kunci mobil immobilizer datsun di kuningan jakarta.
085267432551 Ahli Kunci mobil panggilan solo jarak jauh maupun dekat, jika anda membutuhkan jasa ahli kunci
Salah satu fitur modern yang ada di kendaraan roda empat yaitu sistem kunci cerdas. Di
Selain mobil, kunci mobil juga menjadi aksesoris bagi para penggunanya hingga banyak beberapa pabrikan otomotif
Remote mobil sangat penting untuk keamanan mobil itu sendiri. Bagaiaman seandainya remote rusak? atau tidak
Mobil yang ada  sekarang tentu sudah memiliki keamanan mobil, diantaranya alarm, atau remote malah mobil
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *